Karakteristik Benua Antartika




Karakteristik Benua Antartika

Karakterisitik Benua Antartika dapat di identifikasi sebagai berikut:

  • Hampir seluruh permukaannya tertutup es dan salju, dengan ketebalan rata-rata 2.440 m.
  • Tidak dihuni manusia karena tmperaturnya terlalu dingin.
  • Dikelilingi oleh samudera-samudera besar, yaitu Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Samudera Hindia.
  • Terdapat banyak Gunung seperti Gunung Vinson Massif (5.140 m), Gunung Kirkpatrick (4.528m), Gunung Markham (4.350 m), Gunung jackson (4.189 m) dan Gunung Weda (3.742 m).
  • Iklimnya merupakan paduan antara badai salju , udara yang sangat dingin dan tiupan angin yang kencang.
  • Suhu pada bulan Juni mencapai – 400 C sampai 00 C dan di bagian pedalaman mencapai – 700 C.Batas Wilayah Benua Antartika

Beberapa negara mengklaim daratan Antartika dan membagi daerah tersebut antara lain Australia, Selandia Baru, Inggris, Norwegia, Prancis, Argentina dan Cili. Tak jarang batas wilayah yang diklaim satu negara masih berbatasan atau bahkan termasuk ke dalam wilayah negara lain.

Amerika serikat tidak mengklaim satupun wilayah di Antartika tapi mendirikan pusat riset bernama McMurdo staosun yang menjadi pangkalan riset terbesar di benua itu.Dihuni oleh 1000 ilmuwwan, pilot, spesialis dan para ahlli selama musim paanas, dan kurang lebih 200 orang di musim dingin. 

Sebelumnya banyak yang menganggap Solveig Gunbjorg Jacobsen menjadi manusia pertama yang dilahirkan di Antartika, tepatnya di Grytviken – Pulau Georgia Selatan pada Oktober 1913. Tetapi karena pulau itu tidak dianggap sebagai wilayah Antartika, maka Emilio Marco Palma dari Argentina adalah bayi pertama yang lahir di Antartika pada bulan Januari 1978.

Pada abad ke-20, beberapa negara yang melakukan observasi dan penelitian mengklaim beberapa wilayah sebagai bagian dari negara asal.Sekalipun perjanjian Antartika tidak mengakui klaim wilayah tersebut, beberapa negara tetap menyebutkan wilayah observatorium atau stasiun penelitian mereka sebagai wilayah negara.


Keadaan Alam Benua Antartika

Antartika merupakan tempat yang paling dingin dan paling tandus di permukaan bumi. Hampir seluruh daerah Antartika tertutup es dengan ketebalan mecampai 3 km bahkan lebih. Karena berat, es itu sendiri secara perlahan terdorong ke pantai yang kemudian patah menjadi pecahan gunng es di lautan es selatan. Di benua ini juga terdapat pegunungan raksasa, yaitu pegunungan Transantartika yang memanjang hampir 5.000 km. Pegunugan ini membagi Benua Antartika menjadi dua wilayah utama yaitu Antartika Timur (Antartika besar) dan Antartika barat (Antartika Kecil) Antartika barat merupakan bagian dari deretan Pegunungan Andes di Amerika Selatan.

Lebih dari 99% wilayah Antartika tertutup es yang mengandung sekitar 70% dari air tawar di dunia. Es yang tebal menutupi daerah-daerah tinggi dari Antartika dengan ketinggian sekitar 2.300 m. Titik tertinggi adalah Vinson Massif (4.897 m) dan titik terendah adalah Palung Bently Subglacial (2.538 m di bawah permukaan laut) yang terletak di Antartika barat. Palung ini tertutup oleh lapisan es dengan ketebalan lebih dari 3.000 m.

Antartika memiliki kandungan sumber daya alam cukup melimpah. Bahan tambang yang terdapat di Antartika antara lain emas, perak, besi, kromium, minyak bumi, gas alam, uranium, titanium, dan batu bara. Walaupun di Antartika terdapat banyak bahan tambang, saat ini upaya penambangan belum dilakukan. Kondisi alam di Antartika tidak memungkinkan untuk melakukan penambangan. 

Lembaran lapisan es di atas perairan mendukung sekitar 10% dari total luas Benua Antartika. Ross Ice Shelf (Selat Es Ross) dan Ronne Ice Shelf (Selat Es ROnne) merupakan dua lapisan es perairan yang paling luas. Tidak semua wilayah Antartika tertutup es, di antaranya sebagian besar lahan di Semenanjung Antartika, Wilkes Land, Southern Victoria Land, banyak tempat di Pulau Ross dan puncak serta lembah Pegunungan Transantartika dan Pegunungan Ellsworth yang berupa kenampakan batuan.


Iklim Benua Antartika

Antartika merupakan tempat terdingin di Bumi dengan suhu mencapai -85° dan -90° Celsius di musim dingin, dan 30° lebih tinggi di musim panas. Bagian tengahnya dingin dan kering serta hanya mengalami sedikit curah hujan. Turunnya salju juga terjadi di bagian pesisir, dengan catatan tertinggi 48 inchi dalam 48 jam. Hampir semua benua ini diselimuti es setebal rata-rata 2,5 kilometer. Tergantung pada lintangnya serta waktu malam atau siang yang konstan, membuat iklim yang biasa dialami manusia tidak terdapat di benua ini. 

Sebagaian besar wilayah di benua ini mengalami suhu di bawah nol yang berlangsung hampir sepanjang waktu. Suhu rata-rata pada musim dingin berada antara -40’C dan -70’C di wilayah pedalaman sedangkan untuk wilayah pantai suhunya mencapai -20’C dan -30’C. Di wilayah ini juga sering terjadi angin topan dan hujan salju.


Penduduk Benua Antartika

Penduduk-Benua-Antartika

Benua Antartika tidak mempunyai penduduk tetap. Manusia yang berada di Antartika pada umumnya adalah para ilmuan yang datang melakukan penelitian dan para wisatawan. Populasi manusia di musim dingin mencapai 1.000 jiwa. Sementara populasi pada musim panas mencapai sekitar 4.000 jiwa.Orang yang tinggal di Antartika biasanya menggunakan zona waktu negara asalnya.  

Meskipun tidak ada pemukim tetap, 29 negara yang menandatangani Traktat Antartika mempunyai stasiun riset yang umumnya selalu dipakai sepanjang tahun. Emilio Marcos Palma (lahir 7 Januari, 1978) sampai sekarang adalah orang pertama yang lahir di Antartika. Ia adalah seorang warga negara Argentina. Lalu pada tahun 1986/ 1987 di stasiun Chili lahir pula seorang anak lelaki dan perempuan.


Flora dan Fauna Benua Antartika

Flora-dan-Fauna-Benua-Antartika

Beberapa flora yang ada di Benua Antartika diantaranya adalah spesies alga (ganggang) dan lumut.  Sementara fauna yang hidup di wilayah ini adalah serangga, albatros ,penguin, kril (sejenis udang), cumi -cumi, anjing laut, dan ikan paus.

Video tentang benua antartika

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Sangat bermanfaat bagi saya isi Blog ini. Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika bisa bermanfaat pak😄

      Hapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)