Karakteristik Benua Eropa dan Keadaan Alam serta Budaya Negara Inggris

KARAKTERISTIK BENUA EROPA




Benua Eropa merupakan benua terkecil kedua setelah Benua Australia. Seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara. Luas Benua Eropa yaitu 10.180.000 km2. 
Benua Eropa terletak di daratan Eurasia yaitu daratan yang luas dan merupakan gabungan dari benua Asia dan Eropa. Antara benua Asia dan Benua Eropa, hanya dipisahkan oleh Pegunungan Ural. 

Secara astronomis, Benua Eropa terletak di antara 
36°LU-71°LU dan 9°BB-66°BT.

Adapun batas-batas wilayah Benua Eropa sebagai berikut :

  • Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Benua Asia.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Hitam, dan Turki.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.


KENAMPAKAN ALAM


Jika dilihat dari bentuk wilayahnya, benua ini dicirikan dengan bentukan alam semenanjung yang tersebar di tiga wilayah utama yaitu Semenanjung Skandinavia di bagian utara. Semenanjung Siberia di bagian barat, dan Semenanjung Italia di bagian selatan.


Berikut ini beberapa bentang alam di Benua Eropa :

  1. Pegunungan dan gunung. Wilayah pegunungan di Eropa terdapat di semenanjung-semenanjungnya. Pegunungan dibedakan atas pegunungan tua di kawasan utara dan pegunungan lipatan muda di kawasan selatan. Pegunungan di Eropa antara lain Pegunungan tua di Norwegia yang membentang dari utara ke selatan dengan puncak tertinggi yaitu Gunung Galdhopiggen (2.470 m). Pegunungan Alpen di kawasan Mediterania dengan puncak tertinggi di  mount Blanc (4.808 m). Pegunungan Kaukasus di sebelah selatan dengan puncak tertinggi di Gunung Elbrus (5.633 m), dan Pegungungan Ural di sebelah timur yang merupakan batas antara Benua Eropa dan Benua Asia. Gunung-gunung di wilayah Eropa umumnya masih aktif, namun tidak terlalu tinggi dan puncaknya diselimuti salju.
  2. Dataran rendah dan sungai. Dataran rendah yang ada di Eropa yaitu Dataran Rendah Rusia dan Dataran Rendah Eropa Besar. Dataran Rendah Rusia terdiri dari batuan tua. Namun, batuan tua tersebut tidak tampak dan tertutup oleh batuan sedimen sebelum zaman es. Dataran Rendah Rusia ini menempati di seluruh wilayah yang ada di Rusia. Sedangkan Dataran Rendah Eropa Besar terletak di pegunungan tua di utara dan pegunungan muda sistem Alpina. Sebagian besar wilayah dataran rendah Eropa Besar ini memiliki ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan laut. Wilayah tersebut telah menempati hampir dua pertiga dari luas benua Eropa. Kawasan dataran rendah Eropa Barat ini membentang dari barat menuju timur. Wilayah ini juga dikelilingi oleh Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Pengunungan Kaukasus, Laut Hitam, Pegunungan Alpen, dan juga kawasan Skandinavia Timur. Sungai-sungai di Eropa umumnya dijadikan sebagai batas alam antarnegara seperti Sungai Rhein (1.320 km). yang menjadi batas alam negara Swiss, Liechtenstein, Austria, Prancis, dan Jerman. Selain itu terdapat pula Sungai Elbe dan Dapude di Jerman, Sungai Loire dan Sungai Ruhr di Prancis, serta Sungai Uber dan Sungai Weiche di Polandia. Sungai-sungai tesebut umumnya berhulu di Pegunungan Alpen dan bermuara di Laut Baltik dan Laut Utara. Adapun persebaran danau di kawasan Eropa banyak dijumpai di kawasan utara, seperti Danau Vattern, Danau Vanem, Danau Hyalmaren, Danau Stasyon di Swedia, Danau Orevesi, Danau Paulavesi, Danau Ouluyami, Danau Inari di Finlandia, Danau Onega, dan Danau Ladoga di Rusia.

KEADAAN IKLIM

Eropa merupakan Benua yang terletak di lintang tinggi, yaitu kawasan yang beriklim sedang hingga dingin. Keadaan tersebut menyebabkan Eropa memiliki kondisi iklim sebagai berikut :

  1. Iklim Darat, Iklim Darat tejadi di Eropa Timur. Ciri-cirinya adalah pada musim panas udara sangat panas dan pada musim dingin udara sangat dingin. Hujan turun pada musim semi dan musim panas.
  2. Iklim Laut, Ciri-ciri iklim laut adalah pada musim panas udara laut tidak begitu panas dan pada musim dingin udara tidak begitu dingin. Hujan turun di sepanjang tahun. Di Eropa bagian barat selalu bertiup angin barat.
  3. Iklim Kutub (Iklim Tundra), Iklim kutub terdapat di daerah utara. Karena dinginnya tumbuhan hampir tidak dapat hidup di wilayah ini. Hanya tumbuhan jenis lumut saja yang dapat hidup. Daerah yang diliputi lumut disebut tundra. Sifat iklim kutub adalah musim panas berlangsung sangat singkat dan musim dingin berlangsung cukup lama. Iklim ini dapat dijumpai di daerah Islandia dan daerah-daerah lain yang berada di sekitar kutub.
  4. Iklim Mediterania, Ciri-ciri iklim ini yaitu musim dingin yang sejuk dan musim panas yang kering. Iklim ini dapat dijumpai di daerah sekitar Laut Tengah, antara lain Yunani, Italia, Portugis, Spanyol, dan Prancis bagian selatan.
  5. Iklim Pegunungan, Iklim pegunungan terdapat di daerah pegunungan. Udaranya cukup sejuk. Semakin tinggi suatu tempat di pegunungan, suhu udara semakin dingin. 
  6. Iklim Peralihan, Iklim peralihan adalah peralihan iklim laut ke iklim darat yang terjadi di Eropa Tengah. Ciri-cirinya adalah pada musim panas udara menjadi lebih panas dan pada musim dingin udara menjadi lebih dingin. Iklim peralihan mengakibatkan berkurangnya curah hujan di Eropa bagian barat.

FLORA DAN FAUNA

Flora dan fauna yang berkembang di Benua Eropa pada dasarnya sama dengan flora dan fauna yang berkembang di kawasan beriklim sedang dan dingin. Jenis flora yang tumbuh di kawasan ini, adalah hutan konifera (tumbuhan berdaun jarum) dan hutan yang meluruhkan daunnya di musim gugur.

Jenis flora yang lain adalah pohon maple, ek, iris, lily, dan zaitun.



Adapun fauna khas yang hidup di Eropa adalah rusa, beruang kutub, serigala, ikan tuna, dan ikan haring.
















KEADAAN PENDUDUK

Secara umum, penduduk Eropa berkulit putih yang termasuk dalam ras Kaukasoid dan berbagai jenis suku bangsa. Berikut ini bebarapa suku bangsa yang ada di Benua Eropa.

  1. Suku bangsa Nordik. Ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh ras Kaukasoid jenis ini yaitu memiliki mata berwarna biru, hidung mancung, kulit terang, dan warna rambutnya pirang. Ras Kaukasoid jenis ini banyak mendiami wilayah Eropa bagian utara dan Eropa Barat, antara lain Swedia, Norwegia, Belanda, dan Jerman.
  2. Suku bangsa Alpina atau Alpen. Ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh ras Kaukasoid jenis ini yaitu memiliki mata berwarna coklat, hidung membengkok, tubuh kekar dan warna rambutnya pirang. Ras Kaukasoid jenis ini banyak mendiami wilayah Eropa bagian Tengah yaitu Perancis dan Swiss.
  3. Suku bangsa Mediterania. Ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh ras Kaukasoid jenis ini yaitu memiliki warna mata agak kecokelatan, berkulit lebih gelap, tubuh yang tidak terlalu tinggi, dan warna rambutnya ialah hitam bergelombang. Ras Kaukasoid jenis ini dapat ditemukan di wilayah Eropa bagian selatan, antara lain Italia dan Yunani.
  4. Suku bangsa Slavia. Ciri-ciri yang dimiliki oleh ras Kaukasoid jenis ini yaitu hidung sedang, muka yang lebar, warna mata abu – abu, dan warna rambut yang pirang keputih – putihan. Ras Kaukasoid jenis ini banyak mendiami wilayah Eropa bagian timur, antara lain Serbia dan Montenegro.

KARAKTERISTIK BENUA EROPA

1. Benua Eropa disebut juga benua putih karena sebagian besar penduduknya berkulit putih.
2. Memiliki keajaiban dunia berupa menara Eiffel (Perancis) dan menara Pisa (Italia).
3. Mempunyai negara negara kecil : Vatikan,San Marino, Monako, Andora dan Liechtenstein.
4. Pertumbuhan penduduk kecil, cenderung 0, padahal semua Benua pertumbuhan penduduknya tinggi.
5. Asal dari bahasa yang dipergunakan secara internasional : Bahasa Inggris. Pelopor penemuan teknologi : mesin uap, pesawat terbang, telepon dan lampu listrik.
6. Mempunyai satu sistem mata uang yaitu Euro.
7. Pusat mode dunia di kota Paris (Perancis).
8. Tempat lahirnya ideologi-ideologi : kapitalisme, kolonialisme, imperalisme, sosialisme, liberalisme dan komunisme.
9. Kompetisi olahraga sepakbola menjadi kegiatan bisnis besar di Inggris, Italia,Jerman, Perancis dan Spanyol.
10. Dua negara mempunyai wilayah baik di Eropa maupun di Asia (Turki dan Rusia).


Pembagian kawasan Benua Eropa

Benua Eropa terbagi menjadi lima kawasan yaitu Eropa Timur, Eropa Selatan, Eropa Barat, Eropa Utara, dan Eropa Tengah. Di bawah ini adalah daftar negara-negara di Eropa, ibu kota, dan nama mata uangnya yang sudah saya rangkum dalam bentuk tabel.

Eropa Timur

No
Nama Negara
Ibu Kota
Mata Uang
1
Bulgaria
Sofia
Lev
2
Belarusia
Minsk
Rouble Belarusia
3
Estonia
Tallin
Kroom
4
Georgia
Tbilisi
Rouble
5
Latvia
Riga
Lat
6
Lituania
Vilnius
Litas
7
Moldova
Kishinev
Leu
8
Rumania
Bukares
Leu
9
Rusia
Moskwa
Rubel
10
Ukraina
Kiev
Hryvna
Keterangan:
Wilayah Eropa Timur merupakan dataran eropa besar yang membentang sampai ke Rusia bagian barat. Georgia adalah sebuah negara trans benua di sebelah timur Laut Hitam di selatan Kaukasus antara Benua Eropa dan Benua Asia. 


Eropa Selatan

No
Nama Negara
Ibu Kota
Mata Uang
1
Albania
Tirana
Lek
2
Bosnia-Herzegovina
Sarajevo
Dinar
3
Italia
Roma
Lira Italia
4
Kroasia
Zagreb
Dinar Kroasia
5
Macedonia
Skopje
Dinar
6
Malta
Valletta
Lira Malta
7
Kosovo
Pristina
-
8
Serbia
Bergrado
Dinar Serbia
9
Slovenia
Ljubljana
Slovene Tolar
10
Spanyol
Madrid
Peseta
11
Yunani
Athena
Drachma
12
Montenegro
Podgorica
-


Eropa Barat

No
Nama Negara
Ibu Kota
Mata Uang
1
Belanda
Amsterdam
Gulden
2
Belgia
Brussel
Franc Belgia
3
Inggris
London
Ponsterling
4
Irlandia
Dublin
Pound Irlandia
5
Portugal
Lisabon
Escudo
6
Luksemburg
Luksemburg
Franc Luksemburg
7
Jerman
Berlin
Deutsche Mark
8
Prancis
Paris
Franc Prancis
9
San Marino
San Marino
Lira Italia
10
Monako
Monako
Franc Prancis
11
Swiss
Bern
Franc Swiss


 

 








Eropa Tengah











Eropa Utara

No
Nama Negara
Ibu Kota
Mata Uang
1
Denmark
Kopenhagen
Krona Danish
2
Finlandia
Helsinki
Markka
3
Islandia
Reykjavik
Kronur
4
Norwegia
Oslo
Krone Norwegia
5
Swedia
Stockholm
Krona Swedia


Video tentang karakteristik Benua Eropa




KEADAAN ALAM DAN BUDAYA NEGARA INGGRIS



Inggris terletak di antara Benua Eropa dan Benua Amerika. Luas wilayah Inggris, Scotlandia, Wales dan Irlandia Utara adalah 244.110 km2. Dan kedudukannya dengan benua Eropa dipisahkan oleh selat Dover sejauh 31 km. Berdasarkan letak astronomisnya Inggris terletak di antara 50° LU-60° LU dan 8° BB 2° BT.  

Batas wilayah negara Inggris adalah sebagai berikut: 

  • di sebelah utara Inggris berbatasan dengan Samudra Atlantik
  • di sebelah timur Inggris berbatasan dengan Laut Utara
  • di sebelah selatan Inggris berbatasan dengan Selat Inggris
  • di sebelah barat Inggris berbatasan dengan Irlandia dan Samudra Atlantik

Posisi negara Inggris sangat strategis karena merupakan garis penghubung arus Benua Eropa dan Amerika. Letak negara Inggris di daerah laut utara. Daerah itu merupakan daerah pelayaran teramai di dunia. 

 

A. Keadaan Alam

Inggris merupakan negara kepulauan. Kepulauan Inggris terletak pada dangkalan Eropa sehingga merupakan pulau kontinental. Bagian timur dan selatan Inggris merupakan daerah subur, sedangkan bagian utara berupa Pegunungan Cornwall, Wales, Pennine, dan Peak dengan puncak tertinosz adalah Northern Highlands (± 1.343 m). 

Daerah pegunungan terdapat di bagian barat dan utara. Wilayahnya mencakup Skotlandia dan Wales. Puncak tertinggi pegunungan di Scotlandia adalah Gunung Ben Nevis (1343 m) dan merupak puncak tertinggi di negara Inggris. Pegunungan di Wales didominasi oleh pegunungan Cambrian yang puncak tertingginya adalah Gunung Snowdon (1085 m).

Dataran rendah terdapat di bagian timur dan selatan. Dataran ini membentang dari Beneluxs melalui Jerman Utara sampai ke Polandia dan Rusia. Di dataran ini membujur pegunungan  rendah yaitu Pegunungan Pennine. Sungai-sungai rata-rata alirannya pendek-pendek. Sungai terkenalnya antara lain Sungai Thames yang mengalir membelah Kota London dan bermuara ke Laut Utara. Sungai lainnya adalah Sungai Severn yang mengalir ke terusan Bristol (Laut Celtic).

Secara geomorfologi Inggris dapat dibagi ke dalam dua zona yaitu:

1. Dataran Tinggi

Zona ini ditandai dengan daerah berbatu, bukit terjal dan bukit-bukit yang ter-erosi dengan lembah-lembah dan dataran yang luas. Daerah dataran tinggi menerima sinar matahari lebih sedikit sementara curah hujan lebih tinggi.

 

The Pennine Mountain Range, Cumbrian Mountains dan pegunungan Lake District adalah bagian dari Wilayah Pegunungan Tinggi. Beberapa puncak mencapai ketinggian 914 m diatas permukaan laut. Devon dan Cornwall terletak di semenanjung (peninnsula) dari Daerah Dataran Tinggi dengan kontur terjal.

2. Dataran Rendah

Zona ini memiliki curah hujan sedikit dengan lebih banyak sinar matahari. Tanahnya lebih subur, sangat cocok untuk pertanian seperti gandum. Daerah ini punya lanskap dengan bukit tidak terlalu tinggi. Penduduk Inggris banyak bermukim di daerah dataran rendah meliputi Costwold Hills, Nort Downs dan South Downs. 

Inggris sangat memanfaatkan dengan baik aliran sungai untuk sarana transportasi. Sungai Themes, Sungai Mersey dan Sungai Tyne adalah sungai utama di Inggris dan masing-masing punya pelabuhan resmi yaitu di Liverpool, Newcastle dan London. Saat gelombang pasang naik, kapal dapat berlayar sepanjang sungai hingga ke pelabuhan.

 

Kondisi Iklim

Iklim di Inggris bertipe maritim sedang. Musim dingin di Inggris jarang sekali mencapai suhu minus derajat, sementara saat musim panas bisa mencapai 30 derajat Celcius. Januari dan Februari adalah bulan terdingin dan biasa turun salju sementara Juli adalah bulan terpanas. Inggris termasuk wilayah yang relatif basah karena lokasinya yang berdekatan dengan Samudera Atlantik menciptakan tanah subur, hijau dan mekar.

Kondisi geologi Inggris yang kompleks menjadi faktor beragamnya habitat flora dan fauna di Inggris. Inggris saat ini merupakan negara padat dan hanya sedikit lingkungan alami yang tersisa. Satwa liar yang masih hidup adalah mereka yang bisa beradaptasi dengan manusia.

Glasiasi memusnahkan fauna di Inggris, tersisa beruang dan srigala (sudah musnah) rusa merah Skotlandia, Rusa Eropa, Kelinci, Tikus, berang-berang, Rajawali emas dari Skotlandia, belibis merah, ular berbisa, elang merah dari Wales.

Hutan yang ada adalah pinus, sedangkan di Skotlandia terdapat hutan ek dan hutan birch. Di Irlandia Utara terdapat rumput, lumut sphagnum, semak berduri.


B. Budaya

Inggris mempunyai kebudayaan yang sudah sangat terkenal di dunia, terutama seni musik dan seni rupa. Pusat kebudayaan terkenal terdapat di London. Di kota itu terdapat museum tua, yaitu The Victoria and Albert Museum. Beberapa museum yang terkenal di Inggris adalah museum Galeri Nasional, Museum Albert, dan Museum Victoria, serta Museum Take. Di Inggris juga terdapat perpustakaan terbesar di dunia, yaitu The British Library. Dan tempat tersuci di Inggris adalah Westminster Abbey, serta universitas tertuanya yaitu universitas Oxford Cambridge.

 

C. Perekonomian

Inggris merupakan negara industri maju di dunia, terutama dalam bidang teknologi, ilmu pengetahuan, dan sastra. Perekonomian Inggris berkembang pesat. Kegiatan perekonomian Inggris meliputi bidang-bidang di bawah ini.

1) Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Hasil pertanian Inggris adalah

  • kentang dihasilkan di Lancashire. Crishire. Linccolnshire,
  • gandum dihasilkan di sebelah timur Anglia dan daerah timur Laut London,
  • haver dihasilkan di Lancashlre dan Insersis bagian barat daya;
  • sayur-sayuran dihaslikan di Bedfordshire.

Peternakan Inggris sangat maju dan dikerjakan secara intensif. Beberapa faktor yang mendorong kemajuan peternakan di Inggris adalah adanya areal padang rumput yang luas dan iklim yang cocok untuk usaha peternakan. Binatang ternak yang dipelihara adalah unggas, lembu, biri-biri, dan babi. 

Perikanan di Inggris sangat maju dan menduduki tempat teratas di Eropa. Rusat penangkapan ikan Inggris terdapat di Grimsby, Aberdeen, dan Wick. 

 

2) Pertambangan

Inggris merupakan negara penghasil dan pengekspor batubara yang besar. Daerah tambang batu bara Inggris adalah di Wales bagian selatan, sekitar Sungai Tyne, sekitar Pegunungan Peak, dan dataran rendah Skotlandia. Hasil tambang lainnya adalah kaolin dan besi (terdapat di Comwall). Tanah liat dan porselin terdapat di Cornwall. Timah dan tembaga terdapat di Coundall.


3) Industri

Industri di Inggris sangat maju dan terkenal di dunia. Industri wol terdapat di kota Branford dan Leeds. Industri yute terdapat di kota Dundee. Industri kain lenan terdapat di Belfast. Industri kapas (cotton) terdapat di Manchester dan Liverpool.

Industri sutra terdapat di Bedford, Norwich,Glasgow, dan sebelah utara Exeter. Industri tekstil terutama berpusat di daerah Landcashire. Industri baja terdapat di Yorkshire, Sheffield, Middlebrough, Rhonbada, dan New Port. Industri perkapalan dan galangan kapal yang terbesar di seluruh dunia terdapat di Tyne, New Castle, Sundeland, dan Clyde. 


Pelabuhan kedua Inggris adalah Liverpool. Impor utama negara Inggris berupa gandum dari Kanada dan Australia; kopra, teh, timah, dan karet dari Indonesia; susu, mentega, dan keju dari Belanda dan Swedia; bijih besi dari Swedia, Spanyol, dan Aljazair, kapas dari USA, India, dan Mesir; bulu domba dari Australia dan. Argentina; dan sutra dari Jepang, Italia, dan Cina. 


 D. Penduduk

Pada tahun 1993 jumlah penduduk Inggris sebanyak 58.191.000 jiwa dengan kepadatan penduduk 238 orang tiap kilometer persegi. Sekitar 90%penduduk inggris bertempat tinggal di daerah perkotaan. Penduduk daerah Pegunungan Skotlandia. Wales, dan Irlandia Utara sangat jarang. Penduduk asli Inggris disebut orang Inggris dan terdiri atas dua kelompok, yaitu

  • bangsa Kelt yang terdiri atas orang Skot, Irlandia, dan Wales;
  • bangsa Jerman yang terdiri atas orang Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman. 

Bahasa Inggris termasuk rumpun bahasa Indo-Jerman. Rumpun bahasa Indo-Jerman terdiri atas kelompok bahasa Kelt dan bahasa Jerman. Agama yang dianut penduduk Inggris adalah agama Anglikan, Katolik Roma, Presbiterian, Methodist, dan Baptis. Pemeluk agama Islam, Yahudi, dan Hindu di Inggris relatif kecil. 


E. Bentuk Pemerintahan

Inggris adalah negara monarki parlementer atau kerajaan yang berkonstitusi. Kepala pemerintahan Inggris dipegang oleh seorang perdana menteri, sedangkan kepala negara dijabat oleh ratu. Parlemen di Inggris memakai sistem bicaral (terdiri atas Majelis Rendah (House of Commons) dan MajelisiTinggi (Houssrorrords) yang merupakan pengadilan tertinggi dalam perkara perdata dan pidana, kecuali di Skotlandia. 

Majelis tinggi dapat menolak undang-undang yang diajukan oleh Majelis Rendah. Di Inggris ada tiga partai yang terbesar, yakni Partai Konservatif, Partai Buruh, dan Partai Liberal. Ketua partai yang dominan diangkat oleh ratu. Partai yang berkuasa menentukan kebijaksanaan politik pemerintahan.

Video Pembelajaran Negara Inggris



Kerjakan Quiz di bawah ini setelah mempelajari materi di atas

Posting Komentar

4 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)