Karakteristik Benua Asia dan Keadaan Alam serta Budaya Negara Jepang


Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Luas Benua Asia mencapai 44.579.000 km2. Secara astronomis, Asia terletak pada 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Secara geografis, Asia terbagi atas enam kawasan yakni kawasan Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, Asia Utara dan Asia Tenggara.
Para ahli menetapkan bahwa batas Benua Asia ialah dengan Samudra Arktik di utara, dengan Samudra Hindia di selatan, dengan Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.




A. KEADAAN ALAM

     Keadaan alam Benua Asia terdiri atas empat bagian. Bagian yang pertama ialah pegunungan lipatan muda yang membujur dari Laut Tengah hingga ke Turki. Pegunungan ini bersambung ke Pegunungan Kaukasus yang membujur hingga ke Iran dan India, kemudian bercabang menjadi tiga, yakni Pegunungan Tian, Pegunungan Kunlun (keduanya di Cina), dan Pegunungan Karakoram di Semenanjung Malaya. Ujung dari pegunungan lipatan muda ini ialah di Laut Banda. 

Bagian yang kedua adalah plato (dataran tinggi) yang terdiri atas Plato Arab di bagian timur Asia Barat serta Plato Dekkan di India. Bagian yang ketiga merupakan dataran rendah di bagian utara yang meliputi kawasan Siberia dan Turan di Rusia. 
Bagian keempat merupakan dataran rendah dan daerah aliran Sungai Tigris, Eufrat, Indus, Gangga, Irawadi, Brahmaputra, Mekong, Yang Tse, dan Huang Ho. Asia merupakan tempat pertemuan dua sirkum pegunungan dunia, yakni Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Karena itu, di Asia banyak terdapat gunung berapi.


B. KEADAAN IKLIM

Karena wilayahnya yang sangat luas, ada berbagai jenis iklim yang berlaku di Benua Asia, yaitu sebagai berikut.

  1. Iklim tropis, yakni iklim yang berciri curah hujan tinggi, kelembapan tinggi, dan suhu yang panas sepanjang tahun, sebagian besar terdapat di wilayah Asia Tenggara.
  2. Iklim subtropis, yakni iklim yang berciri adanya empat musim. Empat musim tersebut ialah musim dingin, semi, panas, dan gugur. Sebagian besar terdapat di wilayah Asia Timur. 
  3. Iklim sedang, yaitu iklim yang merupakan perpaduan antara iklim subtropis dengan iklim kutub, terdapat di kawasan sekitar Mongolia. 
  4. Iklim kutub, yakni iklim yang berciri musim dingin yang panjang dan musim panas yang sangat pendek, terdapat di daratan Asia bagian utara sekitar Siberia. 
  5. Iklim kontinental, yakni iklim yang berciri adanya pengaruh daratan yang kuat, terdapat di daerah sekitar Gurun Gobi atau di pedalaman benua.
  6. Iklim gurun, yakni iklim yang berciri perubahan suhu selalu berubah-ubah dengan cepat serta curah hujan yang rendah, terdapat di sebagian besar wilayah Asia Barat atau Timur Tengah.

Kondisi setiap kawasan di Asia sangat dipengaruhi oleh berbagai iklim tersebut. Karena itu, tumbuhan dan satwa yang hidup di Asia sangat beragam. Di kawasan utara, tumbuhan yang hidup umumnya merupakan jenis tundra semacam rumput, lumut, dan jenis tumbuhan rendah lainnya. Di kawasan ini, tanaman tinggi hanya terdiri atas jenis-jenis cemara. Sementara di kawasan antara utara dan tengah, banyak terdapat tanaman jenis arid yang tidak memerlukan banyak air. Di sekitar gurun yang terdapat di wilayah tersebut, banyak terdapat padang rumput. Di kawasan Asia bagian selatan, khususnya Plato Dekkan, banyak terdapat hutan tropis kering yang ditumbuhi tumbuhan tropis kering. Sementara hutan hujan tropis banyak terdapat di Asia Tenggara. Hewan-hewan yang hidup di Asia pun sangat beragam, tergantung kepada iklim dan kondisi alamnya. 



 


Hewan-hewan khas Asia meliputi jenis hewan tropis yang terdapat di Asia Tenggara dan hewan-hewan lainnya.




C. KEPENDUDUKAN

Pada tahun 2005, diperkirakan jumlah penduduk Asia mencapai 4.000.000.000 jiwa. Kepadatan penduduk di Asia mencapai 119 orang per km2. Laju pertumbuhan penduduk Asia mencapai 1.5% per tahun. Walau begitu, persebaran dan pertumbuhan-penduduknya tidak merata di setiap kawasan. Sebagai contoh, Yaman, Suriah, Arab Saudi, Laos, dan Yordania merupakan negara-negara dengan pertumbuhan tinggi, yaitu di atas 2,5%.


Penduduk di Benua Asia terdiri atas tiga ras utama yaitu Ras Mongoloid, Ras Kaukasoid, dan Ras Negroid. Tipe ras tersebut telah bercampur baur sehingga mengalami proses asimilasi antara satu dengan lainnya. Kendati demikian dalam wilayah tertentu masih terdapat ras-ras yang dominan sebagai berikut:

  1. Asia Utara dan Asia Tengah mayoritas adalah Ras Kaukasoid atau Ras Europeid.
  2. Asia Timur dan Asia Tenggara sebagian besar adalah Ras Mongoloid.
  3. Asia Selatan bagian tengah didominasi Ras Kaukasoid.
  4. Asia Selatan bagian selatan didominasi Ras Negroid, misalnya suku bangsa Dravida di India Selatan dan Srilanka.
  5. Asia Barat (Timur Tengah) bagian selatan khususnya negara-negara di Semenanjung Arab (Yaman, Oman) didominasi Ras Negroid.
  6. Asia Kecil, Asia Barat (Timur Tengah) bagian utara didominasi Ras Kaukasoid/Europeid dan Ras Negroid.

Penduduk Asia menganut beragam agama. Di kawasan Asia Barat, Islam merupakan agama yang dominan melebihi jumlah penganut Yahudi dan Kristen yang juga banyak terdapat di kawasan tersebut. Sementara, di kawasan Asia Selatan, Hindu menempati posisi pertama jumlah pemeluk agama di atas Islam dan Buddha. Di kawasan Asia Tengah, jumlah penganut Islam adalah yang terbanyak di atas pemeluk Buddha, kecuali di Cina yang penduduknya banyak menganut Kong Hucu. Di Jepang agama dominan adalah Shinto yang merupakan kepercayaan lokal Jepang. Untuk kawasan Asia tenggara, penganut Islam dan Buddha hampir sama banyaknya selain itu ada penganut Hindu dan Kristen.



D. PEREKONOMIAN

Aktivitas perekonomian di sebagian besar wilayah Asia didominasi oleh pertanian, kecuali di Asia Barat yang sangat mengandalkan pertambangan minyak dan gas. Pertanian di Asia umumnya digiatkan di sekitar daerah aliran sungai seperti Sungai Gangga di India, Sungai Mekong di Vietnam, Sungai Huang Ho di Cina, dan Sungai Chao Phraya di Thailand.

Di Asia, industri mulai berkembang pesat terutama di negara Singapura, Taiwan, Jepang, dan Korea yang telah menjelma menjadi negara industri. Pertambangan Asia sangat bertumpu pada minyak bumi, terutama di kawasan Asia Barat. Untuk komoditas pertanian, Asia Tenggara merupakan kawasan peng-hasil padi utama, sementara Asia Tengah menghasilkan gandum.


E. KARAKTERISTIK BENUA ASIA
  1. Empat dari tujuh keajaiban dunia berada di Benua Asia : Tembok Raksasa (Cina), Candi Borobudur (Indonesia), Taj Mahal (India) dan Ka’bah (Saudi Arabia)
  2. Tempat lahirnya agama-agama besar seperti Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu.
  3. Terdapat gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest (8.848 m).
  4. Penghasil minyak bumi terbesar di dunia, di kawasan Timur Tengah (Saudi Arabia, Iraq, Iran, dll).
  5. Enam dari sepuluh negara dengan penduduk terbanyak di dunia, yaitu Cina, India, Indonesia, Bangladesh, Pakistan, dan Jepang.
  6. Terdapat laut dengan kadar garam tertinggi di dunia, yaitu Laut Mati (+26%) dekat Yordania.
  7. Mempunyai danau terluas di dunia yaitu Danau Laut Kaspia (+394.300 km2).
  8. Mempunyai laut yang terluas di dunia, yaitu Laut Natuna Utara.

Negara-negara di benua Asia terbagi kedalam beberapa kawasan yaitu:


Video tentang karakteristik Benua Asia



KEADAAN ALAM DAN BUDAYA NEGARA JEPANG

Letak astronomis negara Jepang adalah 30º LU-47º LU dan 128º BT-146º BT, sedangkan letak geografisnya adalah di kawasan Asia Timur yang terpisah dari benua Asia, batas-batas wilayah Jepang di sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik. Sebelah utara berbatasan dengan Pulau Sakhalin dan Laut Okhosk.  Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Cina Timur dan Samudera PasifikSebelah Barat berbatasan dengan Laut Jepang (Laut Timur) dan Selat Korea.


Jepang adalah sebuah negara kepulauan yang berada di sebelah timur benua Asia. Di Jepang terdapat 4 pulau besar serta ribuan pulau kecil. Bentuk geografis Jepang memanjang dari utara ke selatan kira-kira 3800 kilometer. Luasnya kira-kira 370.000 kilometer persegi. Pulau- pulau besar itu antara lain: Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. 


Kepulauan Jepang 70% wilayahnya terdiri dari pegunungan, dan 30% terdiri dari daratan. Pegunungan Jepang memanjang diseluruh kepulauannya, berupa bukit-bukit yang tertutup hutan dan diantaranya ada lembah-lembah sempit yang dapat digunakan untuk pertanian. Di sana-sini terdapat gunung- gunung yang menjulang tinggi ke atas dan beberapa diantaranya adalah gunung berapi.


Di Pulau Honshu terdapat sederetan gunung yang dinamakan Alpen Jepang yang tingginya lebih dari 3000 meter. Di antara gunung-gunung itu terdapat gunung Fuji, yang merupakan gunung tertinggi di Jepang dengan berselimutkan salju abadi yang berada di puncaknya. Gunung Fuji berbentuk kerucut yang hampir sempurna dan keindahannya telah menarik banyak orang. Gunung Fuji tingginya 3776 meter, dan pernah meletus pada tahun 1770. Umumnya keadaan sungainya pendek-pendek dan mengalir deras. Diantara gunung Fuji ada lima danau yang sangat indah dan disebut Fuji Goko.

Di Gunung Fuji ada yang bersalju terus menerus sepanjang tahun, dan di puncak gunung Fuji terdapat Kuil.


Di Jepang banyak terdapat gunung berapi (kazan) dan mata air panas (onsen). Di Honshuu bagian tengah banyak gunung tinggi yang disebut “Nihon Arupusu”. Di Jepang karena banyak gunung berapi maka banyak terdapat onsen.


Gunung Aso terdapat di Kyushu. Gunung Aso merupakan gunung berapi yang berkawah dua lapis, kawahnya merupakan kawah yang terbesar di dunia. Gunung showashin terdapat di Hokkaido. Awalnya merupakan lading yang datarannya menjadi tinggi. Selama satu tahun tingginya mencapai 407 m. Gunung Showashin (gunung baru showa) terjadi karena lava yang ada di dalam tanah, kemudian timbul dan terangkat yang akhirnya menjadi gunung. Sumber air panas yang paling besar ada di Hokkaido yaitu Noboribetsu yang terjadi dari semburan air panas dari lava letusan gunung berapi.


Sungai yang paling panjang adalah Sungai Shinano yang panjangnya 367 Km (1/8 sungai Nil di Afrika, 1/15 sungai Yang tse di Cina)

 

Sungai Shinano


Gunung Fuji

 

Gunung Aso

 

Noboribetsu onsen



 

 


IKLIM


Jepang merupakan pulau yang memanjang dari utara ke selatan. Di bagian tengah kepulauannya terdapat gunung yang tinggi. Oleh karena itu di daerah bagian utara Jepang berbeda dengan iklim yang terjadi di daerah bagian selatan negara Jepang. Selain dari itu iklim di daerah yang dekat dengan laut Jepang sangat berbeda dengan iklim di daerah yang dekat dengan lautan Pasifik.


Pada waktu musim panas angin barat daya berhembus dari lautan pasifik, sedangkan pada waktu musim dingin berhembus angin barat laut dari benua Asia. Sehingga pada waktu musim panas di daerah sebelah Lautan Pasifik banyak turun hujan, dan pada waktu musim dingin di daerah dekat laut Jepang banyak turun salju.


Cuaca di Tokyo pada waktu musim panas udaranya sangat panas tetapi pada waktu musim semi dan musim gugur cuacanya menjadi bagus.

Di daerah Hokkaido pada musim dingin salju turun cukup banyak, tetapi di daerah Kyushu tidak begitu banyak turun hujan.


Kota Besar (Toshi)


Di Jepang terdapat 10 kota besar (toshi) yaitu : Osaka, Yokohama, Kyoto, Nagoya, Kobe, Sapporo, Kitakyushu, Kawasaki, Fukuoka, dan kota metropolitan Tokyo. Tokyo adalah ibu kota Jepang, 1/10 (satu persepuluh) penduduk Jepang tinggal di Tokyo. Osaka adalah kota besar no 2 (dua) di Jepang. Kota Osaka sejak dulu merupakan daerah perdagangan yang sangat terkenal.


110 tahun yang lalu kota besar Kyoto merupakan ibu kota negara Jepang. Kota ini merupakan kota yang sangat indah dan sejuk serta di daerah ini banyak terdapat kuil dan candi budha. Sapporo pun termasuk kota yang sangat besar yang berada di kawasan Hokkaido. Di Yokohama dan Kobe ada pelabuhan yang besar, dan di daerah ini sangat terkenal sebagai kota perindustrian. Selain itu kota Nagoya, Kawasaki, Kitakyushu, dan Fukuoka pun merupakan daerah perindustrian.


Pusat Daerah Industri Di Jepang 

1. Daerah Industri Keihin
Daerah industri ini terletak di sekitar kota Tokyo serta kota Yokohama dan Kawasaki. Daerah industri ini berada di wilayah dataran rendah Kanto, di Pulau Honshu bagian timur. Daerah industri ini berbatasan dengan Teluk Tokyo.

Nama “Keihin” diambil dari kanji kedua nama Tokyo, yang selain bisa dibaca “kyo” juga bisa dibaca “kei”, dan dari kanji kedua nama Yokohama, yang selain bisa dibaca “hama” juga bisa dibaca “hin”.

Industri yang berada di daerah ini adalah pabrik baja, mesin dan peralatan, bahan kimia, kilang, pembuatan kapal, pesawat terbang, pabrik barang konsumsi, mesin listrik, industri tekstil dan pengalengan, dan lainnya

Perusahaan yang berbasis di daerah industri ini misalnya adalah perusahaan elektronik Toshiba, perusahaan motor Kawasaki dan Honda, serta perusahaan ban Yokohama.


2. Daerah Industri Chukyo
Daerah industri ini terletak di sekitar kota Nagoya. Daerah industri ini berada di wilayah dataran rendah Chubu, di Pulau Honshu bagian tengah. Daerah indursti ini berbatasan dengan Teluk Ise.

Nama “Chukyo” diambil dari nama lama Nagoya, yaitu “Chukyo” atau “ibukota tengah”, yang berkaitan dengan nama “Tokyo”, atau “ibukota timur”.

Industri di daerah ini adalah industri teknik, termasuk mobil, lokomotif dan pesawat terbang, serta industri tekstil, seperti sutera, kapas, katun dan wol memimpin semua industri lainnya. Nagoya adalah salah satu pusat manufaktur pesawat terbang terdepan di negara itu.

Perusahaan yang berbasis di daerah industri ini misalnya adalah perusahaan mobil Toyota.


3. Daerah Industri Hanshin
Daerah industri ini terletak di sekitar kota Osaka dan Kobe. Daerah industri ini berada di wilayah dataran rendah Kansai, di Pulau Honshu bagian barat. Daerah indursti ini berbatasan dengan Teluk Osaka.

Perusahaan yang berbasis di daerah industri ini misalnya adalah perusahaan elektornik Sanyo dan Matsushita (Panasonic), perusahaan cat Kansai paint, perusahaan mobil Daihatsu.


4. Daerah Industri Kitakyushu
Daerah industri ini terletak di terletak di sekitar kota Kitakyushu, di pulau Kyushu bagian utara, sekitar Selat Kanmon.

Daerah ini satu-satunya yang terletak di luar pulau Honshu, namun, Kitakyushu sendiri dihubungkan dengan Jembatan Kanmon dengan pulau Honshu.

Pertambangan batu bara Chikuho terletak di dekat pusat industri berat ini. Karena itu industri utama di daerah ini adalah industri yang memanfaatkan batubara seperti industri berat, terutama manufaktur besi dan baja.

Perusahaan yang berbasis di daerah ini adalah perusahaan baja Nippon Steel, dan perusahaan perangkat toilet Toto.


Keadaaan Alam dan Musim di Jepang


Jepang memiliki 4 (empat) musim yaitu : haru (musim semi), natsu (musim panas), aki (musim gugur), dan fuyu (musim dingin). Setiap musim mempunyai bagian penting dalam kehidupan orang Jepang.



Musim Semi (Haru)


Musim semi terjadi pada bulan Maret, April dan bulan Mei. Pada permulaan musim semi udara masih terasa dingin. Buah plum, chery dan azalea blossom mekar dengan indahnya di seluruh Jepang. Bunga sakura mulai mekar di Okinawa, dimana tempat ini sudah lebih hangat.


Udara di beberapa daerah sudah mencapai 12 hingga 20 derajat C. Kurang lebih dua bulan bunga sakura berkembang sampai ke Hokkaido Perpindahan bunga sakura yang berangsur-angsur ini dikenal dengan nama sakura zensen. Musim hujan (tsuyu) biasanya berlangsung selama 40 hari. Musim hujan adalah musim yang penting untuk orang-orang yang bekerja dibidang pertanian.


Pada tanggal 3 Maret ada perayaan yang disebut Hinamatsuri, yaitu perayaan khusus untuk anak perempuan. Tanggal 3 Maret juga disebut Mimi no hi, artinya hari untuk memikirkan kesehatan telinga. Disebut Mimi no hi karena angka tiga bentuknya seperti telinga atau mimi, dan angka tiga pun dibaca mi. Bulan Maret merupakan bulan berakhirnya sekolah dan tutup tahun anggaran. Pada tanggal 21 Maret disebut Shunbun no hi yaitu hari dimana siang dan malam sama panjangnya.


Pada bulan April udara sudah semakin hangat, walaupun di daerah Hokkaido dan Tohoku masih ada sisa-sisa salju. Di daerah utara yaitu daerah Kanto, bunga sakura sudah mulai berkembang. Pada tanggal 1 April di seluruh Jepang adalah hari untuk mulai lagi beraktifitas. Para pelajar memasuki tahun ajaran baru, dan para karyawan mulai bekerja pada tahun anggaran baru. Pada tanggal 29 April disebut Midori no hi dan pada hari tersebut merupakan libur nasional.

Pada bulan April ada yang disebut o hanami. O-hanami adalah tradisi musim semi untuk melihat bunga sakura. Bunga sakura mulai berkembang dari daerah yang hangat yaitu dari Okinawa, kemudian Kyushu, Shikoku dan Honshu. Sedangkan di Hokkaido mulai berkembang pada awal bulan Mei. Apabila bunga sakura berkembang orang-orang membawa o-bento, dan o- sake tempat sakura berkembang. Di bawah pohon sakura banyak orang-orang yang makan, minum, jalan-jalan, menari-nari dan bernyanyi bersuka ria. Kurang lebih satu minggu bunga sakura berkembang.


Pada bulan Mei udara terasa segar, dan bulan ini disebut Satsukibare yang artinya hari yang cerah pada bulan Mei. Pada bulan ini yang merupakan libur nasional yaitu pada tanggal 3 Mei, yaitu hari memperingati Undang-undang Dasar atau Kenpo Kinenbi.


O-Hanami


Musim Panas (Natsu)


Musim panas terjadi pada bulan Juni, Juli dan bulan Agustus. Namun untuk daerah Hokkaido masih hangat suhunya antara 18 hingga 22 derajat Celcius.

Pada pertengahan bulan Juli, matahari musim panas mulai turun, temperatur naik sampai 30 derajat. Lamanya musim panas berubah-ubah dari satu tempat ke tempat lain : Di Kyushu kira- kira dua bulan, Tokyo kira-kira 45 hari, Kyoto 68 hari . Temperatur musim panas yang sangat tinggi di Jepang membuat ketidaknyamanan hidup dari hari ke hari. Akibatnya orang-orang pergi ke tempat-tempat yang lebih dingin, seperti Hokkaido dan dataran tinggi lainnya untuk menghindari panas.


Musim panas merupakan musim libur terpanjang sepanjang tahun. Musim hujan pada bulan Juni disebut tsuyu, karena bulan Juni merupakan bulan yang sangat tinggi curah hujannya. Pada tanggal 24 Juni disebut Geshi yaitu dimana siang hari lebih panjang dari pada malam hari. Pada bulan ini para karyawan dan pegawai pemerintah mendapat bonus tengah tahun. Pemberian bonus kepada karyawan dan pegawai pemerintah berlangsung 2 pekan.


Pada Musim panas mulai terasa panas., sehingga pakaian seragam para karyawan diganti dengan pakaian musim panas. Begitu juga anak-anak sekolah mulai melepaskan jas seragamnya dan hanya memakai kemeja putih Pada bulan ini para karyawan dan pegawai pemerintah mendapat bonus tengah tahun sebesar 5 kali gajih bulanan. Biasanya dalam satu tahun diberikan bonus 2 kali. Pada tanggal 6 Agustus jatuhnya bom atom di kota Hiroshima, dan pada tanggal 8 Agustus 1945 bom atom jatuh di kota Nagasaki. Bulan Agustus disebut juga bulan Obon. Obon adalah bulan perayaan bagi umat Budha setiap tanggal 13 ~ 15 Agustus.


Musim Gugur (Aki)

Periode antara bulan September sampai November adalah musim gugur atau Aki. Udara masih sedikit hangat, akan tetapi secara umum sudah terasa suasana musim gugur.

Setelah masa liburan panjang berakhir, maka kini anak-anak sekolah mulai memasuki semester genap. Pada saat-saat ini biasanya aktifitas yang dilakukan paling popular yaitu pekan olah raga atau festival kampus. Pekan olah raga atau Undokai tidak merupakan kegiatan olah raga sesungguhnya, akan tetapi hanya merupakan kegiatan olah raga ringan yang dilakukan di lingkungan sekolah masingh-masing. Tarik tambang, lomba lari, dan lain-lain merupakan kegiatan yang paling sering ditampilkan. Bukan lingkungan sekolah saja yang menyaksikan, akan tetapi para orang tua muridpun diundang ikut memeriahkannya. Disepanjang lapangan dipasang tenda yang diberi hiasan-hiasan sederhana, dan para undangan menggelar alas duduk dengan masing-masing membawa makanan serta minuman.


Bulan September merupakan bulan yang paling banyak angin topannya. Pada bulan itu banyak pohon tumbang, dan banjir. Topan yang paling besar terjadi pada tahun 1991, dengan kerugian sangat besar, merusak pertanian, hutan serta perikanan. Dan yang paling banyak mengalami kerugian yaitu perkebunan apel dan jeruk yang merupakan kerugian terbesar sepanjang sejarah Jepang. Total kerugian tercatat sebesar 390 miliyar yen. Kini jika topan sudah mendekati kepulauan Jepang, masyarakat mendengarkan siaran radio atau ramalan cuaca melalui mass media.


Hingga pertengahan September, pengaruh tekanan udara yang tinggi dari Pasifik sisa musim panas terasa luar biasa. Namun setelah masa itu berlalu barulah pada pagi hari berikutnya suhu terasa turun, dan suasana musim gugur yang sebenarnya makin terasa. Serangga mulai keluar berbunyi bersahut-sahutan.


Bulan purnama pada bulan September merupakan bulan purnama yang paling indah sepanjang tahun. Orang Jepang menamakannya sebagai bulan yang paling indah pada pertengahan musim gugur atau Chushu no Meigetsu. Pada malam bulan purnama tersebut orang Jepang merayakan pesta melihat bulan atau O-Tsukimi. Namun kini sudah jarang dilakukan terutama di kota-kota besar yang karena sudah padat oleh gedung-gedung tinggi, hingga bulan purnamanya sudah tidak mudah dinikmati.


Hari libur nasional pada bulan September yakni tanggal 15 dan 23. Tanggal 15 September adalah hari untuk berterimakasih pada orang yang sudah tua atau Keiro Nohi. Keiro Nohi dimasukkan ke dalam kalender sebagai hari libur nasional sejak tahun 1966 mengingat makin banyaknya orang-orang yang berusia lanjut. Setelah berakhirnya Perang Dunia II, jumlah usia rata-rata orang Jepang hanya mencapai kurang dari 50 tahun. Namun menurut data tahun 1984 sudah 74,8 tahun untuk laki-laki, dan 80,5 tahun untuk wanita. Sedangkan pada tahun 1990 usia laki-laki mencapai 75,86 tahun, dan wanita 81,81 tahun. Sedangkan populasi pada tahun 1950-an sekitar 4,9%, dan pada tahun 1991 sudah mencapai 12,5%. Sedangkan akhir abad ke 20 diperkirakan mencapai 15,6%, dan diperkirakan akan mencapai 20% pada pertengahan abad berikutnya.


Pada hari tersebut orang-orang pergi berkunjung kepada orang tua, kakek, nenek atau pada orang-orang yang dianggap sudah tua sebagai rasa hormat pada mereka. Tanggal 23 September diperingati sebagai Shumbun Nohi. Pada hari ini biasanya dilakukan acara mengunjungi makam orang tua atau O-Hakamairi.


Memasuki bulan Oktober daun pepohonan didaerah utara sudah mulai berwarna merah, dan didaereh selatanpun mulai berubah warna secara berangsur-angsur. Dan suasana sudah menunjukan mulainya terasa dingin musim gugur. Bulan Oktober adalah bulan yang penuh dengan perayaan-perayaan. 


Dimulai pada tanggal 1 Oktober sebagai hari ganti pakaian. Koromogae, yakni mengganti pakaian kerja atau seragam sekolah dari pakaian musim panas ke pakaian musim dingin. Bulan Oktober juga  merupakan musim pernikahan. Menurut kepercayaan Shinto, minggu terbaik untuk melangsungkan pernikahan yakni pada minggu Taian menurut kalender Shinto. Bagi orang-orang Jepang upacara pernikahan biasanya dilakukan di hotel, gedung pertemuan, kuil atau gereja. Prosentase yang melakukan upacara pernikahan ritual dengan cara Shinto menduduki tempat tertinggi yaitu 65%. Upacara ritual dengan cara Budha 5-6% dan Kristen 25%.

Namun cara-cara pernikahan tidak dikaitkan dengan agama. Resepsi pernikahan sekarang labih memperlihatkan gengsi, penuh dengan dekorasi, bunga serta musik dan kemewahan lainnya. Baik pengantin wanita maupun pria berganti pakaian satu sampai dua kali yang disebut O-Ironaoshi. Pakaian tidak memakai baju-baju tradisonal, tetapi lebih menekankan pada kemoderenan. Biaya rata-rata untuk suatu perkawinan dari mulai tukar cincin sampai bulan madu mencapai 7.562.000 yen.


Pada bulan Oktober cuaca paling menyenangkan, tidak dingin dan juga tida hujan. Udara cerah musim gugur (Akibare) yang segar berlangsung pada bulan ini. Biasanya keluarga- keluarga Jepang pergi ke kebun buah-buahan (Kajuen) untuk memetik buah apel (Ringgogari), memetik buah pir (Momogari), memetik jeruk (Mikangari), dan sebagainya sambil makan- makan. Anak-anak TK atau SD pergi ke kebun merabut ubi jalar (Imogari) atau mengambil buah berangan (Kuri Hiroe).


Memasuki bulan November mulai terasa dingin. Di daerah-daerah seluruh Jepang mulai tampak daun-daun berwarna merah dan kuning. Pada saat ini terlihat pemandangan sangat indah. Pepohonan berwarna-warni, pohon favorit yang paling indah untuk dilihat yakni Momiji.


Hari libur nasional jatuh pada 3 November dan 23 November. Tanggal November adalah Hari Penghargaan Budaya atau Bunka Nohi, penghargaan diberikan kepada mereka yang berjasa dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan berupa bintang jasa kebudayaan dalam suatu upacara di istana Kaisar. Pada hari ini diselenggarakan pameran seni, pagelaran musik serta budaya dan festival seni di kampus-kampus. Sedangkan pada tanggal 23 November merupakan Hari Terimakasih Kepada Karyawan atau Rodokansha Nohi.


Di berbagai daerah anak-anak perempuan usia 7 tahun, anak laki-laki berusia 5 tahun serta anak anak wanita 3 tahun (dibeberapa daerah juga anak laki-laki) dibawa oleh orang tuanya mengunjungi kuil-kuil dengan berpakaian adat, untuk mengucapkan terima kasih dan berdoa bagi kebahagiaan serta kesehatan di dalam masa pertumbuhannya, anak usia 5 tahun dikenakan Hakama (rok seperti celana) yang dipakai wanita dewasa, serta anak 7 tahun mengenakan Kimono lengkap dengan Obi (ikat pinggang untuk Kimono). Perayaan ini disebut Shichigosan.


Pada bulan ini banyak dijual Chitose Ame (permen 1000 tahun) di toko-toko sebagai ungkapan sukur atas tumbuhnya anak-anak serta harapan agar panjang umur. Warna permen putih dan merah bentuknya panjang dan dibungkus dengan lukisan yang melambangkan kebahagiaan dan panjang umur, anak-anak dibawa oleh orang tua ke restoran atau makan-makan di rumah.


Momiji sebelum berubah warna


Momiji setelah berubah warna


Musim Dingin atau Fuyu

 

Memasuki awal Desember dalam suasana udara makin dingin, musim dingin mulai tiba, angin utara bertiup. Di daerah-daerah seperti Hokaido, Tohoku, dan Kanto, salju mulai turun. Di daerah Kanto orang-orang sudah mulai memasang alat pemanas seperti Sutobo (kompor pemanas ruangan) serta Kotatsu (meja pemanas kaki).

Musim dingin jatuh pada bulan Desember sampai dengan Februari sama seperti pada musim panas ada O-Chugen, inipun disibukkan dengan O-Seibo yakni pemberian hadiah berupa barang untuk orang-orang yang dirasakan sudah membantu toko-toko disamping disibukkan dengan penjualan O-Seibo, juga sibuk dengan penjualan kartu tahun baru (Nengajo) kartu pos tahun baru (Nengahagaki) serta kartu natal. Kartu-kartu ini sangat penting artinya bagi orang- orang Jepang, semua orang Jepang sibuk berkirim kartu.

Kantor pos menjual kartu tahun baru khusus yang diberi hadiah, kartu berhadiah tersebut harganya dilebihkan 3 yen/lembar. Untuk mengantar berjuta-juta lembar kartu tahun baru kantor pos memberi kesempatan kerja bagi orang-orang dewasa yang sedang libur untuk turut mendistribusikannya. Karena bulan Desember udara sudah dingin ada kebiasaan memakan labu besar, sambil masuk ke dalam air panas. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah masuk angin dan supaya dapat melewatkan musim dingin dalam keadaan sehat. Kebiasaan ini jatuh pada tanggal 22 Desember, yang disebut Toji.

Hari libur nasional pada bulan Desember yaitu tanggal 23, yang dikenal sebagai Hari Ulang Tahun Kaisar atau Tenno Tanjobi. Hari Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember tidak merupakan hari libur. Orang Jepang tidak mengkaitkannya dengan kegiatan keagamaan, natal hanya berupa perayaan. Kota-kota dihias dengan hiasan natal, musik natal bergema dimana-mana, saling bertukar hadiah serta makan kue natal dilakukan oleh banyak orang, bahkan pada saat itu orang-orang Jepang melakukan kegiatan lain yang disebut Bonnenkai atau pesta pisah tahun.


Jika diartikan secara harafiah BO, NEN,  dan  KAI  yaitu  melupakan,  tahun,  pertemuan (pesta akhir tahun). Dalam pesta tersebut semua berusaha sesantai mungkin melupakan semua kejadian-kejadian yang kurang berkenan dimasa lalu. Mereka berkaraoke sambil makan dan minum. 

Tanggal 28 Desember adalah hari terakhir kerja pada tahun tersebut untuk para pegawai yang bekerja di kantor-kantor serta perusahaan-perusahaan dan merupakan libur akhir tahun dan awal tahun. Pada hari-hari terakhir bulan Desember tampak kesibukan orang-orang yang akan bepergian ke luar negeri, bermain ski, dan yang pulang kampung semuanya bertumpuk di stasiun dan bandara. Toko-toko penuh dengan penjualan perlengkapan tahun baru, para penjual masakan, makanan tahun baru memenuhi tempat jualan. Kegiatan dirumah biasanya membersihkan rumah atau Osoji lalu dihiasi dengan hasan-hiasan tahun baru.

Memasuki tanggal 31 Desember yaitu Omisoka atau malam tahun baru, pada malam tersebut orang-orang makan sejenis mie untuk merayakan pergantian tahun yaitu Toshikoshi Soba, sambil mendengar bunyi lonceng Tahun Baru atau Joyanokane serta menonton TV dan mendengarkan Radio yang dipancarkan dari kuil.


Hari pertama tahun baru atau Ganjitsu bagi orang Jepang merupakan hari yang sangat penting dalam mengungkapkan dimulainya hari pada tahun tersebut. Untuk mengundang kehadiran Tuhan pada tahun itu serta menyambut kedatangan leluhur, dikedua sisi pintu masuk dipasang Kadomatsu yang terbuat dari 3 batang bamboo pendek dihiasi dengan daun cemara.

Pada pagi hari pertama atau Ganjimatsu disebut Gatan, satu keluarga berkumpul sambil minum Otoso yaitu sake yang diberi sari daun tertentu, makanan Ozoni dan Osechi Ryori. O- Zoni yakni makanan khusus tahun baru berupa sup mochi (ketan) diberi ikan atau ayam serta sayur, jamur serta rebung. Mochi didaerah Kansai bentuknya bundar dan didaerah Kanto bentuknya persegi. Osechi Ryori yaitu masakan khusus dengan penataan khas tahun baru. Dihidangkan dalam baki yang agak dalam.


Osechi Ryori


Anak-anak akan menerima uang tahun baru dari orang tuanya yang disebut Otoshi Dama. Otoshi Dama hanya diberikan pada tahun baru, besar kecilnya tergantung dari usia si anak serta kondisi keluarganya. Rata-rata uang yang diterima anak-anak usia SD dan SMP berkisar antara 30.000 yen (1991. Nihon Seimei).


Dahulu sebagai sebuah tradisi pada tanggal 1 Januari orang biasanya pergi ke Kuil atau Wihara untuk memohon kebahagiaan dalam tahun yang akan dijalani. Namun orang-orang Jepang sekarang pada tanggal 1 Januari tersebut banyak yang melewatkanyan di hotel-hotel, pemandian air panas atau Onsen chi, dan tempat main ski atau ke luar negeri, juga pada hari tersebut orang-orang mulai mengumpulkan kartu tahun baru yang diterima. Membaca kartu tahun baru merupakan salah satu kegembiraan pada tahun baru.

Hari libur nasional pada bulan Januari yaitu tanggal 1 dan 15 Januari. 

Tanggal 15 Januari adalah hari mencapai usia dewasa atau Seijin Nohi sebagai penghargaan untuk orang yang telah mencapai usia 20 tahun sebagai anggota masyarakat yang baru. Mereka mendapatkan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Pada tanggal 7 Januari ada acara memakan Nanakusa Gayu yaitu bubur dicampur 7 jenis sayuran musim semi atau Nanakusa, ketujuh jenis sayuran tersebut yaitu : Seri, Nazuna, Suzushiro, Hatokenoza, Hagobera, Suzuna, dan Gogyo. Katanya jika makan bubur tersebut akan sehat sepanjang tahun.


Memasuki bulan Pebruari salju turun makin banyak. Di daerah Hokkaido dan sebelah laut Jepang dilakukan acara pesta salju, salah satu dari acara tersebut yakni perlombaan membuat patung-patung buatan, tiruan bangunan atau bentuk-bentuk lain ciptaan sendiri. Bermain ski kini merupakan olah raga popular bagi anak-anak muda di Jepang.

Bulan Pebruari adalah bulan terberat bagi para pelajar dan mahasiswa yang akan menempuh ujian, baik sekolah negeri maupun swasta, melaksanakan ujian masuk pada bulan itu, sehingga bulan Pebruari dikenal dengan sebutan musim ujian atau Jukan Shizun. Tanggal 3 Pebruari dalam penanggalan Komariah merupakan batas pemisah antara musim dingin dengan musim semi, di Jepang terkenal dengan nama Setsubun.

Untuk mengusir setan dan menyambut datangnya musim semi, pada perayaan Setsubun dilakukan acara melempar kacang (Mamemaki). Biasanya dilakukan di kuil-kuil dan Wihara, dilakukan oleh orang-orang yang sudah tua (Toshi Otoko, Toshi Onna) lalu jika lewat malam di tiap rumah dilakukan acara serupa sambil mengucapkan (Oniwa Soto, ukuwa Uchi) artinya setan pergi, kebahagiaan datang. Jika memakan kacang tersebut sejumlah usia menurut kepercayaan, akan sehat sepanjang tahun.

Tanggal 4 Pebruari adalah Risshun artinya dimulainya musim semi walau suhu masih dingin namun bunga pohon plum (Ume) dan bunga Narsis (Suisen) mulai mekar,sehingga dalam dinginnya udara tercium wangi bunga-bunga.




Video Mengenal keadaan alam negara asia Jepang



https://m.youtube.com/watch?v=fFxM9-35pmw&feature=youtu.be

Kerjakan Quiz ini setelah selesai mempelajari "Karakteristik Benua Asia dan Keadaan Alam serta Budaya Negara Jepang



Posting Komentar

4 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)