Karakteristik Benua Australia dan Keadaan Alam serta Budaya Negara Australia

KARAKTERIKTIK BENUA AUSTRALIA

Australia beribu kota Canberra tetapi memiliki Kota terbesar Sydney. Australia mengunakan Bahasa resmi Inggris hal ini dikarenakan Australia merupakan salah satu negara persemakmuran Inggris (Commonwelth).

Benua Australia ditemukan oleh James Cook dari Inggris Pada tahun 1769. Merupakan benua terkecil. Di benua ini hanya terdapat satu negara. Secara astronomi benua Australia terletak pada 112o BT – 154o BT dan 9o LS – 44oLS. Luas benua Australia adalah 9.008.500 km2.

Batas-batas Benua Australia

Sebelah Utara : Indonesia dan Papua Nugini
Sebelah Selatan : Laut Antartika
Sebelah Barat : Samudera Hindia
Sebelah Timur  : Selandia Baru




Keadaan Iklim Australia

Iklimnya bervariasi, dengan kekeringan yang sering berlangsung selama beberapa musim, yang sebagian disebabkan oleh Osilasi El Nino-Selatan . Australia memiliki beragam iklim karena ukuran geografisnya yang besar. Bagian terbesar Australia adalah gurun atau semi-kering . Hanya sudut tenggara dan barat daya yang memiliki iklim sedang dan tanah yang cukup subur . Bagian utara negara itu memiliki iklim tropis , bervariasi antara hutan hujan tropis , padang rumput , dan gurun.

Flora dan Fauna
Hewan asli Australia sangat berbeda dengan hewan yang dijumpai di tempat-tempat lain di dunia.
Pada kenyataannya, kebanyakan tanaman dan hewan asli Australia hanya dijumpai di Australia. Hewan Australia yang paling terkenal adalah hewan marsupial (berkantung) yang disebut kanguru dan koala. Burung kasuari, kuskus, dan kanguru pohon dijumpai di hutan-hutan daerah tropis di Queensland sebelah utara serta di Irian Jaya. Kuskus juga dijumpai di Sulawesi.



Pohon kayu eukaliptus dan pohon kayu akasia merupakan tanaman yang paling umum dijumpai. Tanaman-tanaman ini dijumpai di tempat-tempat yang iklimnya berlainan, seperti daerah beriklim panas, padang pasir dan di daerah bersalju. 






Negara Bagian Australia

No.Nama Negara BagianNama Ibu Kota
1.Mew South WalesSydney
2.QueenslandBrisbane
3.South AustraliaAdelaide
4.TasmaniaHobart
5.VictoriaMelbourne
6.Western AustraliaPerth

Nama Wilayah Teritorium
No.Nama TeritoriumNama Ibu Kota
1.Australian Capital TerritoryCanberra
2.Northern TerritoryDarwin


Bentang Alam Benua Australia

Alam Australia terbagi atas tiga bagian utama, yakni wilayah berupa suatu pegunungan di bagian timur, wilayah dataran tinggi di bagian barat, serta dataran rendah di antara keduanya.
  1. Daerah bagian timur, yaitu barisan pegunungan yang memanjang dari Tanjung York di utara sampai Pulau Tasmania. Pegunungan ini disebut dengan Pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing Range). Rangkaian pegunungan ini terdiri dari Pegunungan New England Range dan Pegunungan Alpen Australia di sebelah selatan. Puncak tertingginya yaitu Gunung Kosciusco (±2.230 m) di sebelah selatan. Di sebelah timur Pegunungan Pemisah Besar terdapat suatu dataran pantai yang menyempit.
  2. Daerah bagian barat, Wilayah ini adalah suatu dataran tinggi (plato), yang dijuluki dengan “Perisai Australia”. Sebagian besar wilayah barat dan tengah adalah gurun pasir, yakni Gurun Victoria dan Gurun Gibson. Di wilayah pedalaman ke arah utara oh Pegunungan Macdonnel dan ke arah selatan terdapat Pegunungan Musgrave.
  3. Daerah antara barisan pegunungan timur dan pegunungan plato barat, Di wilayah tersebut terdapat suatu lembah Murray-Darling dan dataran rendah Danau Eyre (danau terbesar di Australia). Lembah Murray-Darling dialiri Sungai Darling, Murray, Lachlan, Murrmbidgee, dan Sungai Swan. Di cekungan Sungai Murray (ledok/ basin) ini, juga terdapat sumber air artesis.
  4. Di Benua Australia terdapat karang terbesar di dunia yaitu Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef) adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).

  Sosial dan Budaya

Penduduk asli Australia merupakan bangsa aborigin. Tapi, bangsa aborigin makin terdesak oleh pendatang dari Eropa dan daerah lain. Lebih dari 80% penduduk benua ini tinggal di perkotaan.

Agama Penduduk Australia mayoritas yaitu pemeluk agama Kristen (Anglikan, Katolik Roma, Ortodoks, dan lain sebagainya)

Lagu Kebangsaan Advance Australian Fair, Bahasa resmi adalah Bahasa Inggris, Mata uang Australia adalah dollar Australia.


Perekonomian benua Australia

  • Hasil pertanian utama benua ini yaitu gandum, kapas, oat, sorghum, buah-buahan, dan lain sebagainya.
  • Peternakan yang penting terutama yaitu domba, biri-biri, dan hewan ternak besar.
  • Penemuan berbagai bahan tambang dan cadangan energi mengubah Australia dari negara agraris menjadi negara industri. Hasil tambang utama yaitu emas, intan, tembaga, bijih besi, minyak bumi, nikel, dan bauksit.
  • Hasil industri, antara lain mesin-mesin berat, tekstil, elektronika, mobil, dan kapal.

Video tentang keadaan alam dan budaya Australia


Kerjakan Quiz di bawah ini setelah kalian mempelajari materi di atas

Posting Komentar

4 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)