Karakteristik Benua Amerika dan Keadaan Alam serta Budaya Negara Amerika Serikat

KARAKTERISTIK BENUA AMERIKA


Batas-batas wilayah
Batas wilayah benua Amerika bagian Utara: Samudera Arktik
Batas wilayah benua Amerika bagian Timur: Samudera Atlantik
Batas wilayah benua Amerika bagian Barat: Samudera Pasifik, Selat Bering
Batas wilayah benua Amerika bagian Selatan: Samudera Pasifik
Luas Benua Amerika : 42.188.568,5 km
Letak astronomis : 72° LU - 59° LS dan 36° BB - 163° BB

Keadaan Alam
Secara umum bentang alam di Benua Amerika dibedakan atas pegunungan, dataran tinggi, dan dataran rendah termasuk sungai dan danau.
Pegunungan : Peg. Alaska, Peg. Cascade, Peg. Rocky dan Peg. Andes. Puncak tertinggi di Benua Amerika adalah Gunung Aconcagua (6960 meter).
Dataran tinggi : Dat. Tinggi Colorado (Amerika Utara), Dat. Tinggi Meksiko, Dat. Tinggi Guyana dan Dat. Tinggi Brazilia.
Sungai : Sungai Arkansas, Sungai Missisipi, Sungai Ohio, Sungai Amazone dan Sungai Missouri.

Keadaan Iklim
 
Berdasarkan letak astronomis dan keadaan alamnya, iklim di Benua Amerika meliputi iklim dingin (kutub) di alaska dan Kanada Utara, iklim tropis di Amerika Tengah dan Amerika Selatan, Iklim Subtropis atau sedang di Amerika Serikat dan Amerika Selatan serta Iklim gurun di bagian barat Amerika.

Flora dan fauna

Flora dan fauna di benua Amerika sangat beragam sesuai dengan iklim dan lokasi dari wilayah-wilayah di benua Amerika ini
1. Wilayah Lingkar Artik (Alaska, Kanada bagian utara): 
Fauna: moose, rusa, beruang kutub, paus biru,
Flora: lichen (lumut kerak), lumut, rumput pendek
2. Wilayah Iklim Sedang (Kanada bagian selatan, Amerika bagian Timur):
Fauna: serigala, beruang hitam dan beruang coklat, berang-berang, woodpecker, luwak madu, Kupu-kupu raja (monarch butterfly), aligator
Flora: pohon maple, cemara, fir , birch, tembakau
3. Wilayah Padang Rumput (Great Plains):
Fauna: bison, kuda, coyote, prairie dog, elang gundul (bald eagle), tupai rakun, rubah abu-abu
Flora: rumput savana, jagung,
4. Wilayah Padang Pasir:
Fauna: ular derik, kura-kura gurun,
Flora: kaktus, ephedra
5. Wilayah Pegunungan Rocky (Rocky Mountains)
Fauna: kambing bighorn, singa gunung (puma), beruang hitam dan beruang coklat,
Flora: pohon spruce, pinus, cemara, oak
6. Wilayah Hutan Tropis Amerika:
Fauna: sloth, capybara, ular anaconda, kera, armadillo, marmoset, tamarin, trenggiling pohon (tamandua)
Flora: pohon cokelat (kakao), kopi, karet
7. Wilayah pegunungan Andes:
Fauna: Liama, guanaco, alpaca, pika, beruang berkacamata
Flora: quinoa, koka, amaranth














Keadaan Penduduk

Penduduk asli Benua Amerika yaitu orang Eskimo dan Indian. Namun mayoritas penduduknya adalah imigran yang berasal dari Eropa, sementara sisanya adalah imigran dari Afrika dan Asia. Karena perbedaan budaya, Amerika Tengah dan Selatan sering disebut Amerika Latin, sedangkan Amerika Utara disebut Amerika Anglo Saxon.


Karakteristik Benua Amerika


a. Benua Amerika memiliki dua air terjun terbesar di dunia, yaitu air terjun Niagara (+ 6.009 m 3 /detik) dan air terjun Guiaria Brasil (13.310 m 3 /detik).
b. Benua Amerika memiliki danau terluas kedua di dunia, yaitu Danau Superior (+82.431 km 2 ), danau yang lain adalah Danau Horon, Danau Michigan, dan Danau Great Bear (Kanada).
c. Benua Amerika juga memiliki empat dari sepuluh danau terdalam di dunia, yaitu Danau Superior (406 m), Danau Michigan (281 m), Danau Ontorio (250 m), dan Danau Horon (234 m).
d. Benua Amerika juga memiliki danau di daerah terkering di dunia, yaitu Danau Titica di Peru dan Bolivia serta Gurun Atacama di Chile.
e. Benua Amerika memiliki dataran rendah dengan hutan tropika dan wilayah sungai terluas, yaitu hutan Amazone serta Sungai Amazone.
f. Benua Amerika memiliki air terjun tertinggi di dunia, yaitu air terjun Angel Venezuela dengan ketinggian + 1.000 meter.
g. Benua Amerika memiliki dua tanah genting dalam satu kawasan, yaitu tanah genting Panama dan tanah genting Tohuan Tepal di Meksiko.
h. Benua Amerika memiliki bentang alam kapur terbaik di dunia dengan Grand Canyon yang indah di Colorado (+ 340. 000 km 2 ) meliputi wilayah Colorado, Utah, New Mexico dan Arizona.
i. Benua Amerika memiliki magnet bumi di dasar laut terbesar di dunia, yaitu Segitiga Bermuda.
j. Benua Amerika merupakan pusat berbagai penemuan dan pengembangan teknologi komputer, seperti Microsoft, Machintos, Pentium dan lain-lain.
k. Industri perfilman terbesar di Hollywood
l. Pusat industri komputer (tokohnya Bill Gates, manusia terkaya di dunia tahun 2003)
m. Mampu mendaratkan manusia pertama (Neil Amstrong) di bulan tahun 1969
n. Menciptakan pesawat ulang-alik yang menjelajah ruang angkasa kemudian kembali lagi ke bumi beberapa hari kemudian (Appolo, Atlantis, Delta,Columbus).
o. Benua ini awalnya dijuluki “ Dunia Baru”. Benua ini dikenal setelah kedatangan Columbus tahun 1492. Nama Amerika diambil dari Amerigo Vespucci seorang penjelajah berkebangsaan Itali.
p. Makanan dan minuman cepat saji (fast food) yang sudah menyebar di dunia (KFC, Coca- cola , Dunkin donats)
q. Markas Persatuan Bangsa-Bangsa di New York
r. Mata uang dolar Amerika menjadi mata uang standar dunia
s. Penghasil kopi terbesar di dunia, terutama dari negara Brasil
t. Brasil merupakan negara sepakbola dengan menjuarai dunia sebanyak 5 kali
u. Terdapatnya peradaban kuno suku bangsa Aztec.
v. Lembah Amazon merupakan lembah dengan hutan tropika terluas di dunia
w. Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia kira-kira 6.400 km
x. Padang pasir Atacama di Chili merupakan daerah terkering di dunia
y. Penghasil heroin / narkoba terbesar ada di Kolombia
z. Air terjun Angel di Venezuela tertinggi di dunia (1000 meter)

   Pembagian Kawasan Benua Amerika




Video tentang Karakteristik Benua Amerika



KEADAAN ALAM DAN BUDAYA NEGARA AMERIKA SERIKAT


Amerika Serikat terletak pada 24°33’LU-70°23’LU dan 172°27’-66°51’BB. 

Negara ini berbatasan dengan Kanada di sebelah utara, Samudra Pasifik di sebelah barat, Samudra Atlantik di sebelah timur serta Meksiko, Teluk Meksiko, dan Kuba di sebelah selatan. Amerika Serikat juga memiliki negara bagian yang terpisah dari daratan utamanya yaitu Alaska yang terletak di barat laut Kanada.



Wilayah Amerika Serikat sangat luas, dan memiliki beberapa jenis iklim yang terdiri atas iklim kontinental, iklim sedang, iklim mediteran, iklim subtropik, dan iklim dingin/kutub (Alaska). Secara umum, Amerika Serikat mengalami empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin. Suhu udara pada musim dingin dapat mencapai -300 C dan suhu pada musim panas dapat mencapai 270C di kebanyakan wilayahnya.

Pada bagian gurun bisa mencapai 430C. Di Alaska, suhu udara lebih rendah karena letaknya dekat kutub. Suhu di wilayah ini bisa mencapai -210C sampai -300C pada musim dingin. Curah hujan di wilayah Amerika juga sangat bervariasi. Di pantai barat curah hujan bisa mencapai 2500 mm/tahun, namun di wilayah gurun dan dataran rendah pedalaman curah hujannya lebih rendah.



Perhatikanlah peta Amerika Serikat

Tampak secara fisik wilayah Amerika Serikat terdiri atas dua rangkaian pegunungan besar yaitu pegunungan Rocky (Rocky Mountain) di bagian barat dan Pegunungan Appalachia di bagian timur.
Pegunungan Rocky memiliki beberapa puncak yang umumnya tidak terlalu tinggi. Pegunungan Appalachia di bagian timur membentang hampir sejajar Samudera Atlantik sejauh 2.400 km. Di antara kedua pegunungan tersebut terletak dataran sangat luas yang disebut Great plains. 

Great Plains (Great American Desert) adalah dataran di Amerika Utara yang terbentang dari Pegunungan Rocky, Kanada sampai Meksiko. Berbatasan dengan Rio Grande di bagian selatan, delta Sungai Mackenzie di bagian utara, Kanada di bagian timur dan Pegunungan Rocky di bagian barat.


Sejumlah sungai mengalir melewati dataran tersebut dengan sungai terbesarnya adalah Sungai Missisipi.
Sungai Mississippi (3.734 km) merupakan yang terpanjang kedua di Amerika Serikat setelah Sungai Missouri (3.768km).
Di bagian utara yang berbatasan dengan Kanada, terdapat sejumlah danau besar atau dikenal Great Lakes.
Danau besar tersebut adalah Danau Michigan, Danau Huron, Danau Superior, Danau Erie, dan Danau Ontario.

 

Amerika Serikat (AS) merupakan negara yang kaya akan sumber daya geologi. Beberapa kekayaan alam tersebut adalah batu bara, minyak bumi, tembaga, posfat, timah, dan besi.
Kekayaan batu bara Amerika Serikat bahkan mencapai seperlima atau 27 persen dari cadangan batu bara dunia.
Beberapa bahan tambang yang dihasilkan Amerika Serikat adalah uranium, bauksit, emas, perak, merkuri, nikel, potash, besi, gas alam dan kayu-kayuan.
Amerika Serikat juga memiliki dataran yang sangat luas dan cukup subur. Dataran tersebut banyak ditanami tanaman sereal, terutama jagung, dan dijadikan daerah peternakan.

 


Pada saat bangsa Eropa datang ke Amerika Serikat, bagian timur negara tersebut masih berupa hutan lebat. Di bagian utara atau di daerah pegunungan banyak ditumbuhi pohon pinus.
Di bagian tengah Amerika Serikat (Great plains) terdapat padang rumput (prairie/steppa) yang sangat luas dari perbatasan dengan Kanada di utara sampai sekitar teluk Meksiko di selatan.
Padang rumput tersebut berbatasan dengan gurun di bagian barat Amerika Serikat. Di bagian tenggara dapat dijumpai hutan yang menggugurkan daunnya setiap tahun (deciduous forest).
Biasanya terdapat pohon mapel, elm, dan ek (oak). Pohon-pohon konifer yang tinggi dan besar-besar (redwood) banyak tumbuh di daerah pegunungan California.
Jenis fauna yang hidup di Amerika Serikat antara lain bison, antelop, dan beruang di kawasan Midwest; domba dan rusa di kawasan pegunungan; puma di pesisir pasifik; armadilo, selot, dan jaguar di kawasan barat daya; opossum, aligator, buaya kardinal di kawasan selatan; dan karibu, beruang kutub, anjing laut, serta paus di kawasan Alaska.



Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ketiga di dunia setelah China dan India yaitu mencapai 321,2 juta jiwa (WPDS, 2015).

Penduduk aslinya adalah suku Indian yang menurut beberapa ahli sejarah berasal dari Eurasia yang bermigrasi antara 65.000–25.000 tahun yang lalu. Migrasi terakhir terjadi sekitar 12.000 tahun yang lalu. Jumlah penduduk Indian sebelum kedatangan bangsa Eropa diperkirakan berkisar 2–8 juta jiwa.

Pada tahun 1890, diperkirakan jumlahnya tinggal 250 ribu jiwa. Kedatangan bangsa Eropa membuat suku Indian semakin terpinggirkan secara jumlah dan sosial ekonomi. Selain Indian juga terdapat orang Eskimo di Alaska yang jumlahnya relatif kecil.

Pada saat ini, penduduk Amerika Serikat terdiri atas orang-orang kulit putih yang sebagian besar berasal dari Inggris dan Irlandia, dan orang-orang kulit hitam atau negro yang berasal dari Afrika. Selain itu, ada pula orang-orang Asia, seperti China, India, Jepang, dan Vietnam, serta penduduk asli yaitu Indian.

Sebagaimana negara maju lainnya, sebagian besar penduduk Amerika bekerja di luar sektor pertanian atau yang mengandalkan sumber daya alam.
Komposisi penduduk berdasarkan sektor pekerjaannya yaitu sektor manajerial, profesional, dan teknik (34,9%), penjualan dan perkantoran (25%), manufaktur, transportasi, dan keahlian (22,9%), sektor jasa lainnya (16,5%).
Sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan hanya digeluti oleh sebagian kecil (0,7%) penduduknya (NationMaster, 2006).

Agama penduduk Amerika Serikat sebagian besar (83%) menganut agama Kristen. Sisanya menganut agama Yahudi dan Islam. Selain itu, terdapat pula penduduk Amerika Serikat yang tidak menganut agama atau ateis. Dilihat dari agamanya, penduduk Amerika Selatan didominasi oleh agama Katolik Roma. Selebihnya menganut agama Kristen Protestan, Hindu, Islam, Animisme dan Shamanisme.

Budaya Amerika dapat dibedakan secara umum menjadi budaya Amerika Utara dan Amerika Selatan. Amerika Utara terdiri atas Amerika Serikat dan Kanada. Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan budaya yang sangat beragam. Budayanya dibentuk oleh budaya asli Amerika, Amerika Latin, Afrika dan Asia.

Bahasa utama yang digunakan penduduknya adalah Bahasa Inggris. Walaupun demikian, penduduk Amerika menggunakan juga Bahasa Spanyol, Mandarin, Perancis, dan Jerman. Bahkan, Biro Sensus
Amerika memperkirakan lebih dari 300 bahasa digunakan di Amerika Serikat. Bahasa Portugis dan Spanyol merupakan bahasa utama di Amerika Selatan. Selain itu, terdapat pula bahasa lainnya, seperti Aymara di Bolivia, Wayuu di Venezuela dan Kolombia, dan beberapa bahasa lainnya. 

Budaya Amerika juga terlihat gaya berbusana, olah raga, dan makanan. Produk budaya seperti jeans, sepatu, baseball, topi cowboy dan sepatu boots merupakan budaya Amerika. Hamburger, hotdog, keripik ketang, dan makaroni juga menjadi contoh budaya makanan dari Amerika Serikat.

Dalam bidang seni banyak karya seni yang dijadikan kiblat bagi warga dunia seperti film dan acara televisi. Selain budaya Amerika Utara, terdapat pula Budaya Amerika Selatan atau Amerika Latin.
Musik dan tari juga menjadi ciri budaya Amerika Selatan terutama tarian Samba dari Brazil, Tango dari Argentina dan Uruguay, dan Cumbia dari Colombia.

Video pembelajaran Keadaan Alam dan Penduduk Negara Amerika Serikat



Kerjakan Quiz di bawah ini, setelah kalian mempelajari materi di atas.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Bagus blognya Bu Ajeng...tetap semangat yaaa buat nulisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Bu Rhere sdh memberi semangat😚😚

      Hapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)